Fikih Munakahat

Bookmark and Share

Tulisan ini sebenarnya tidak membahas tentang tema judul di atas tapi lebih pada cerita kecil dalam forum kajian kecil remaja yang mana saya disuruh membahas tema tersebut. Tapi emang dasar anak muda-mudi suka ngerjain orang, disuruhlah saya tanpa konfirmasi untuk membahas tema tersebut. Saya mulai pening dan pusing serba bertanya kenapa tidak grand syaik2 lain yang lebih afdhol dan sudah mengamalkan akan tema tersebut. Kalau membahas kajian lain sih enak tapi yang satu ini bikin 'grogi'.
Yach...saya sanggupi saja, dan beruntung audiennya para aktivis ikhwan-akhwat yang muda, sebab mereka juga masih serta texbook belum ke ranah empirik.
Tidak seperti biasanya memberi kajian secara leluasa tanpa beban tapi kali ini keringat dingin pun muncul dan saya berterus  terang saja secara empirik saya belum menguasai dinamikannya tapi secara texbook mungkin saya sekedar sok tahu aja Afwan!
Saya ceritakan sejarah nikah dari masa ke masa hingga sampai zaman nabi. Setting historis saya paparkan kemudian pemahan hadis-hadis dan tafsir ayat-ayatnya. Yang ingin saya sampaikan makna dan tujuan hal tersebut dengan mengedepankan bacaan sejarah, asbab wurud, abab nuzul, otentisitas doktrin tersebut maka dapat ditemukan makna berimbang dalam memaknai dan memahami tema tersebut biar tidak asal ceplas-ceplos pakai dalil hadis dan ayat dengan pemahaman yang dangkal (tekstual). Yang dapat menyesatkan dan menjerumuskan demi kepentingan sesaat.
Kemudian ditemukanlah korelasi dan relevansi dengan dinamika saat ini tentang tema tersebut untuk dikontekstualisasikan, bahwa perkembangannya dan kesimpulannya pun beraneka macam yang terpenting forum tersebut dapat membekali mereka dalam membaca akan tema yang sedang dibahas yakni Fikih Munakahat.
Maaf saya orang Muhammadiyah,...mungkin agak berbeda dengan pemaparan para murabbi antum sekalian yang lebih menekankan doktrinasi. Afwan!Tapi saya menyampaikan sebagaimana keilmuan saya ini. Lain kali cari tema lainnya jangan yang ini. Salam Ukhuwwah

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar